Data sekunder: yang pertama dipertimbangkan (usaha sampingan)


Ketika sebuah data tidak ada, ketika proses penelitian diperlukan untuk menjelaskannya, kita berbicara tentang data primer. 

Kami kemudian melanjutkan dengan survei atau metode pengumpulan informasi lain yang diakui. Tetapi untuk setiap keputusan di mana kebutuhan akan informasi muncul, itu adalah data sekunder yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, demi efisiensi. 

Memang, data sekunder memiliki keunggulan dibandingkan data primer: sudah ada! Jadi mengapa menemukan kembali roda?

usaha sampingan

Data sekunder, yang tentunya tidak pantas dijuluki (tidak ada yang kebetulan tentangnya), pada dasarnya adalah data primer yang sudah sedikit tua. 

Mereka mungkin atau mungkin tidak berada dalam domain publik.

 Data primer menjadi penting hanya jika yang sekunder tidak ada atau ketinggalan zaman.


Untuk meringkas perbedaan antara data primer dan sekunder, kita dapat mengatakan bahwa Statistik Kanada secara berkala mengumpulkan jenis data pertama (primer), yang menjadi jenis kedua (sekunder) segera setelah dipublikasikan.


Jika Anda terburu-buru untuk mendapatkan informasi, katakan di detik, jenis data apa yang akan Anda cari pertama kali? Data sekunder, tentu saja! Jangan pernah melupakan trik mnemonik ini.


Data melayani kesehatan masyarakat


Selama beberapa bulan terakhir, media telah menyajikan kepada kami sejumlah besar data terkait COVID-19: jumlah orang yang terinfeksi, jumlah rawat inap, jumlah orang dalam perawatan intensif, jumlah kematian, jumlah orang yang sembuh. , dll. Untuk kesehatan masyarakat, ini adalah data primer yang berharga untuk dikumpulkan. Namun setelah disebarluaskan di media, menjadi data sekunder bagi jurnalis dan masyarakat umum.


Di balik pintu tertutup, pejabat kesehatan masyarakat menggunakan beberapa dari data ini untuk membuat keputusan penting bagi Quebec. Data selalu ditunggu-tunggu, tetapi hanya masuk akal dan memandu keputusan saat ditautkan ke data sekunder dari hari-hari sebelumnya.


Data memberi makan model

https://ucid-cv.com/

Jika, dibandingkan dengan hari sebelumnya, infeksi baru meledak, apakah sudah waktunya untuk mendekonfirmasikan? Tentu tidak! Hubungan antara data sekunder dan pengambilan keputusan sangat jelas. Kegunaan data sekunder untuk pengambilan keputusan sangat jelas, yang tidak berarti bahwa proses pengambilan keputusan bersifat langsung. Memang, dari penurunan harian berapa dalam jumlah orang yang terinfeksi yang harus kita dekonfirmasikan? Jadi ada komponen penting ketiga dalam persamaan: model. Memutuskan biasanya bermuara pada memberi makan model dengan data.


Data sekunder untuk bisnis


Data sekunder berlimpah dalam bisnis seperti halnya dalam perawatan kesehatan. Terlalu sering diabaikan, mereka masih dapat memandu berbagai macam keputusan, termasuk peluncuran produk, harga, strategi ekspor, fokus kampanye periklanan, perencanaan strategis atau proses penggabungan bisnis. perusahaan.


5 sumber data sekunder yang berguna


1.  Trade Data Online ( ic.gc.ca/eic/site/tdo-dcd.nsf/eng/accueil ):  Diterbitkan oleh Industry Canada, portal ini menyajikan data ekspor untuk beberapa industri dan untuk lebih dari seratus kategori produk. Sebelum terjun ke pasar baru, menarik untuk melihat apa yang terjadi dengan ekspor selama lima tahun terakhir. Plus, ini gratis.


2.  Google Trends ( trend.google.fr): Berkat kompilasi pencarian yang dilakukan di Google, platform memungkinkan untuk mengikuti evolusi dari waktu ke waktu atas minat pada merek, produk, atau subjek di wilayah tertentu. Kita dapat melihat bahwa di Quebec, COVID-19 telah menjadi subjek permintaan harian terbesar sejak Maret 2020, dengan pengecualian hari-hari yang dijadwalkan untuk permintaan Canadian Emergency Benefit (CEP). Selain itu, untuk mendeteksi kemusiman dalam belanja produk, ini adalah alat yang tidak ada duanya! Ini juga gratis.
3. IBIS World ( ibisworld.com): Perusahaan Australia yang didirikan pada tahun 1971, IBIS World menerbitkan berbagai laporan industri untuk sejumlah besar negara, dengan mengumpulkan statistik dan data nasional dari berbagai asosiasi industri dengan cara yang orisinal. Sangat menarik bila Anda ingin mendapatkan gambaran umum tentang industri Anda dan trennya. Kali ini Anda harus membayar.
4. Institut de la statistique du Québec ( https://www.stat.gouv.qc.ca/ ): Ini klasik, tapi siapa yang bisa hidup tanpa data dasar tentang populasi Quebec? Memang, Anda akan menemukan banyak data demografis, ekonomi dan sosial untuk lebih memahami masyarakat di mana kita tinggal.
5. Statista ( statista.com): Didirikan di Jerman pada tahun 2007 dan mengambil informasinya dari berbagai sumber, Statista adalah portal informasi yang mengumpulkan berbagai macam data tentang beberapa industri di seluruh dunia. Platform ini sangat ramah pengguna dan diperbarui secara berkala. Buletin hariannya mengesankan. Beberapa informasi gratis, yang lainnya memerlukan langganan.


Jadi, tunggu apa lagi untuk memanfaatkan kekayaan data sekunder yang tersedia di mana-mana (seringkali gratis) dan dengan demikian memindahkannya ke peringkat yang semestinya, pertama? Ingat persamaan: di detik = data sekunder.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Kucing: Panduan untuk Pemilik Kucing yang Berpengalaman, Berpotensi, dan Pertama Kali